Beranda > info arsitektur > Kriteria dalam Menilai Dapur Rumah anda

Kriteria dalam Menilai Dapur Rumah anda

Dapur adalah salah satu ruangan yang pastinya cukup vital dan fungsional bagi setiap rumah. Namun meskipun sangat penting, di era yang kini serba modern faktanya memang seringkali bertolak belakang, Mengapa ? karena masyarakat kita sekarang ini memang lebih cenderung jarang sekali memasak, dan menggunakan dapur secar maksimal. Apalagi sekarang sudah banyak layanan pesan antar masakan yang siap saji dan pastinya dengan harga yang terjangkau. Apakah anda sendiri juga sering seperti itu ?

Namun bila anda memang seorang ibu rumah tangga yang tulen dan lebih sering menggunakan dapur untuk keperluan anda memasak dan lain-lainnya, maka ada baiknya anda mencoba menilai lebih dalam tentang dapur rumah anda. Bagaiamana cara menilai dapur rumah anda secara benar ?

Kebersihan adalah hal yang utama. Ini pastinya harus anda ingat, karena segala sesuatu yang kita makan bersama anggota keluarga kita pastinya terlebih dahulu dimasak di dapur. Oleh karena itu kebersihan dapur menjadi faktor yang penting dan menentukan apakah makanan anda tersebut sehat dan baik untuk dikonsumsi. ?

Keamanan jangan dilupakan. Dapur adalah ruangan yang harus tetap aman dan nyaman. Ada banyak peralatan dapur seperti garpu, pisau, blender dan lain-lainnya yang memang tidak boleh disalahgunakan dan bisa berakibat fatal jika anak-anak kita seringkali bermain di dekat area dapur. Anda pasti pernah membaca dan mendengar seorang anak yang tangannya terkena irisan pisau atau dapur rumah yang terbakar akibat tabung gasnya meledak bukan ? Saya harap anda dapat lebih mengerti akan bahaya-bahaya yang bisa saja menimpa anda jika teledor dalam mengamankan dapur ada.

Pisahkan antara daerah basah dan kering. Dalam dapur coba anda pisahkan areanya menjadi 2 bagian, untuk daerah basah biasanya berkaitan dengan cucian piring dan hal-hal yang berkaitan dengan air. Untuk daerah  kering adalah daerah yang pastinya seringkali anda gunakan dalam memasak ataupun menyiapkan bahan makanan sebelum dimasak.

Buat sirkulasi yang nyaman. Dalam hal ini, coba berikan akses dan sirkulasi yang memudahkan anda dalam bekerja.  Jangan sampai ada silang / crossing dalam sirkulasi di dalam area dapur. Hal ini akan membuat rumit ada dalam berkegiatan di dapur.

Iklan Jasa Renovasi Rumah

  • Bila anda memiliki rumah yang kondisinya rusak pada bagia atap atau anda ingin merenovasi rumah anda, silahkan menghubungi kami melalui jasa renovasi rumah di cibubur, depok, bogor, atau daerah jabodetabek lainnya. Kami akan siap melayani dan memperbaiki rumah anda sesuai keinginan anda.  Untuk kontak langsung Hubungi : 085882263232   (bpk.Bambang)

Jangan lupa pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Ini juga penting buat anda, pencahayaan dan sirkulasi udara pastinya juga berpengaruh. Anda juga tidak ingin pastinya bila sambil memasak dan dengan udara yang pengap ataupun dengan cahaya yang kurang terang bukan ? Soo..buatlah diri anda senyaman mungkin.

Dapur yang baik selalu dapat meningkatkan keinginan penggunanya untuk makin senang dan menyukai kegiatan masak memasaknya. Misalnya hari ini anda memasak sayur lodeh…maka keesokan harinya anda merasa lebih semangat untuk memasak menu lainnya yang belum pernah anda masak. Mau tau caranya ? Cobalah memasang beberapa NOTES, catatan ataupun gambar apapun yang berkaitan dengan masak memasak, baik itu resep, ataupun tips-tips khusus dalam memasak di bagian papan khusus ataupun area dinding tertentu di dapur anda. Dengan gambar / catatan tersebut  maka ada akan semakin termotivasi dengan melihatnya. Cara lainnya adalah memutar lagu / siaran radio khusus memasak yang anda dengarkan saat ada memulai memasak di dapur. Silahkan sesuaikan dengan lagu kesukaan ada ataupun yang lainnya.

Bagaimana menurut anda  ?? Anda setuju dengan hal-hal penting diatas dalam menetukan kriteria dapur yang baik ?

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: